Pengertian Penilaian Status Gizi

Penilaian status gizi sejak awal merupakan sebuah usaha untuk mengidentifikasi masalah gizi, khusunya kekurangan gizi pada populasi/orang-orang  yang hidup di negara berpenghasilan rendah, dengan penekanan pada kelompok yang rentan (Bayi, ibu hamil, lansia dll). Saat ini, metode penilaian status gizi sudah sangat jauh berkembang, tidak hanya untuk kelompok yang rawan dan negara berpenghasilan rendah saja yang menggunakan metoe ini tetapi juga negara-negara berkembang dan maju di seluruh dunia.

Pengertian Penilaian Status Gizi

Penilaian di defenisikan sebagai sebuah proses pengumpulan, analisis dan interpretasi informasi. Sedangkan status gizi di defenisikan sebagai status kesehatan seseorang atau kelompok orang sebagai hasil dari asupan makanan dan utilisasi zat gizi oleh tubuh yang dapat berubah selama periode kehidupannya. Oleh karena itu penilaian status gizi dapat di defenisikan sebagai interpretasi informasi yang diperoleh dari penilaian asupan makanan, bikimia, antropmetri dan studi klinik.

Pengetahuan dan keterampilan dalam penilaian status gizi sangat penting buat mereka yang bergerak di bidang epidemiologi, peneliti, gizi masyarakat dan gizi klinik , khusunya dalam hal kajian hubungan antara makanan dan kesehatan. Secara khusus, penilaian status gizi dapat membantu anda untuk :

  1. Mengidentifikasi kelompok atau individu yang memiliki risiko mengalami masalah gizi
  2. Mengukur hubungan antara asupan gizi dan kesehatan
  3. Menentukan jenis intervensi untuk meningkatkan status gizi
  4. Memonitor efek dari intervensi gizi

Semoga bermanfaat, Salam Gizi

Referensi : Fahmida U. Dan Drupadi HS.D (2007) Nutritional Assessment : Handbook.  SEAMEO-TROPMED RCCN-UI. Jakarta

Leave a Reply

Temukan literaturmu di sini

Loading